Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL, atau dalam bahasa InggrisSoftware Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.

Rekayasa perangkat lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.

Kriteria yang dapat digunakan sebagai acuan dalam merekayasa perangkat lunak:

  1. Dapat terus dirawat dan dipelihara (Maintainability)
  2. Dapat mengikuti perkembangan teknologi (Dependability)
  3. Dapat mengikuti keinginan pengguna (Robust)
  4. Efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
  5. Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan (Usability)[2]

Istilah software engineering, pertama kali digunakan pada akhir tahun 1950-an dan sekitar awal 1960-an. Pada tahun 1968, NATO menyelenggarakan konferensi tentang software engineering di Jerman dan kemudian dilanjutkan pada tahun 1969. Meski penggunaan kata software engineering masukan konferensi tersebut menimbulkan debat tajam tentang aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak, banyak pihak yang menganggap konferensi tersebutlah yang menjadi awal tumbuhnya profesi rekayasa perangkat lunak

Rekayasa Perangkat Lunak di Indonesia dijadikan disiplin ilmu yang dipelajari mulai tingkat Sekolah Menengah Kejuruan sampai tingkatan Perguruan Tinggi. Di tingkat SMK, jurusan ini sudah memiliki kurikulum materi pelajaran sendiri yang sudah ditentukan oleh Dinas Pendidikan. Rekayasa Perangkat Lunak di tingkat SMK biasanya mempelajari materi-materi seperti Bahasa PemrogramanDesain Web, Pengetahuan tetang Undang Undang HAKI dan ITE, dan sebagainya, tergantung dari sekolah dan kurikulum tiap tahunnya.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Rekayasa_perangkat_lunak

KOMPETENSI REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Kompetensi dari jurusan perangkat lunak telah dirangkum seperti di bawah ini :

  1. Programmer
  2. Teknisi Komputer
  3. Operator Komputer
  4. Web master
  5. Administrasi Database

Pada SMK AR RAHMA Mandiri indonesia memiliki jurusan tersebut akan terus mengembangkan kompetensi selain dari kompetensi yang sudah disebutkan tersebut. seperti penambahan kompetensi desain. agar siswa siswi dapat selalu mengembangkan kompetensi dan minat mereka. pada jurusan rekayasa perangkat lunak ini, angkatan pertama dari siswa SMK AR RAHMA MANDIRI INDONESIA dapat membuat project sederhana yakni membuat aplikasi kalkulator sederhana yang bisa diunduh pada https://drive.google.com/file/d/140HAz855u82WAQCHYIE-K_4LVrVIByG7/view?usp=sharing. dan juga dapat membuat aplikasi profil sekolah dengan menggunakan software aplikasi UNITY yang hasilnya dapat didownload pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1jk63oUzAXjv2OggcHuVkndRXHqTelb_N/view?usp=sharing. karya – karya tersebut yakni salah satu contoh karya dari salah satu siswa SMK AR RAHMA dari angkatan pertama. meski angkatan pertama, mereka sudah kreatif dan semangat untuk berkarya dan mengembangkan kompetensi mereka dengan  dibimbing guru-guru profesional.