Mengubah mainset sekolah swasta melalui KPDK

Sebuah file tiba-tiba masuk dari ponsel Penulis dan ternyata itu adalah surat edaran tentang KPDK. Apa itu KPDK? KPDK adalah Kursus Pengelolaan Gugus Depan. Dan yang lebih mengejutkan adalah kegiatan ini tingkat kabupaten. Tentu penulis kaget. Mengapa sekolah swasta bisa dikirimi surat edaran tersebut dan ternyata pihak Kwartir Ranting Gempol memanggil 3 anak perwakilan dari SMK Arrahma Mandiri Indonesia untuk mewakili Kwartir Ranting Gempol untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Penulis berpikir keras dan akhir memutuskan untuk siap mengirim 3 siswa mewakili Kwartir Ranting Gempol didalam kegiatan KPDK.

Penulis hanya berpikir 1 hal. Kami memang sekolah swasta namun perkara prestasi, kami tidak boleh kalah dengan sekolah lain yang memiliki nama besar.

Setelah mencari anak melalui diskusi dengan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Rafi Dwi Prasetya,S.Pd. akhirnya penulis menemukan 3 potensi hebat didalam diri Selvi Anggraini, Anita Nur Rakhmawati dan Vanda Amalia Dewi.

Penulis langsung memberikan penguatan mental kepada mereka karena ini adalah kegiatan mereka dalam tingkat kabupaten dan tentu mereka merasa belum punya basic apa-apa. Namun penulis yakin mereka adalah generasi hebat.

Kegiatan berlangsung selama 2 minggu dengan 5 hari kegiatan efektif. Dan semuanya dilakukan secara online karena dilaksanakan di masa pandemi.

Setelah kegiatan berlangsung mereka merasa mendapatkan banyak sekali ilmu terutama pada bidang administrasi dan keorganisasian dan mereka punya banyak relasi yang sebelumnya belum mereka kenal.

Tentu penulis merasa sangat bangga kepada mereka atas kerja keras mereka. Dan penulis sangat berharap ilmu yang telah mereka dapatkan dapat berguna baik ketika mereka masih bersekolah di SMK Arrahma Mandiri Indonesia maupun kelak ketika terjun di masyarakat.

Terima kasih Kwartir Ranting Gempol atas amanah yang telah diberikan.

Salam Pramuka.

Satu tanggapan untuk “Mengubah mainset sekolah swasta melalui KPDK”

  1. Avatar Wisnu Althora
    Wisnu Althora

    Alhamdulillah,,, Luar biasa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *